Manfaat Mewarnai Gambar dan hal yang harus Orang Tua perhatikan

maskokoganteng.com – Manfaat Mewarnai Gambar dan Hal yang harus Orang Tua perhatikan. Kegiatan mewarnai gambar dapat mengembangkan penghayatan seorang anak. Kegiatan mewarnai gambar dapat membantu mengembangkan kecerdasan otak anak, khususnya untuk melatih otak kanan dalam bidang seni. Kegiatan mewarnai gambarr menghasilkan suatu kreasi warna yang dilihat seorang anak di lingkungaanya dan kemudian diterapkan dalam warna gambarnya.

gambar mewarnai gambar

Mewarnai gambar sangat baik bila diperkenalkan sejak dini kepada anak usia pra sekolah. Namun jangan pernah melarang anak untuk mengkreasikan imajinasinya dalam segi pewarnaan. Misalnya ketika anak mewarnai pohon dengan warna kuning sekalipun, jangan dilarang, dimarahi ataupun didikte. Biarkan imajinasinya berkembang sendiri. Sebaiknya beri penghargaan terlebih dahulu kemudian gali alasannya kenapa ia memilih warna itu. Kita akan takjub dan kagum mendengarnya karena jawaban mereka merupakan cerminan dari imajinasinya.

Pengertian Mewarnai Gambar
Femi Olivia dalam bukunya berjudul “Gembira Bermain Corat-coret”, menyebut bahwa aktifitas mewarnai merupakan suatu bentuk kegiatan kreativitas, dimana anak diajak untuk memberikan satu atau beberapa goresan warna pada suatu bentuk ataupun pola gambar, sehingga tercipta sebuah kreasi seni.

Berikut beberapa manfaat mewarnai gambar bagi Anak – anak , diantaranya  :

  • Mewarnai gambar dapat melatih anak mengenal berbagai macam warna dan juga  nama-nama warna
  • Mewarnai gambar bisa melatih  anak untuk memilihi kombinasi warna dan juga membantu anak untuk belajar keserasian dan keseimbangan berbagai warna
  • Mewarnai gambar melatih Stimulasi daya imajinasi dan kreativitas Anak
  • Mewarnai gambar melatih anak mengenai suatu objek, sehingga anak memahami detail objek yang akan diwarnai terlebih dahulu sebelum mereka mewarnai
  • Mewarnai gambar dapt melatih anak membuat target. Proses mewarnai membutuhkan satu target yaitu berhasil mewarnai seluruh bidang gambar yang tersedia. Jadi anak belajar untuk menyelesaikan tugas yang dihadapinya sesuai target.
  • Bisa melatih anak mengenal garis batas bidang. 
  • Mewarnai gambar dapat melatih keterampilan motorik halus anak sebagai salah satu sarana untuk mempersiapkan kemampuan menulis
  • Mewarnai gambar juga melatih kemampuan koordinasi antara mata dan tangan. Mulai dari bagaimana cara yang tepat menggenggam krayon, hingga memilih warna dan menajamkan krayon.
  • Mewarnai Gambar mengembangkan kemampuan motorik
gambar Manfaat Mewarnai Gambar dan hal yang harus Orang Tua perhatikan

Pada awal ketika anak memulai aktifitas mewarnai gambar,  mereka tidak akan peduli dengan garis batas gambar dihadapannya. Hal tersebut wajar-wajar saja, biarkan saja anak merasa nyaman terlebih dahulu dengan aktivitas mewarnainya. Aktivitas mewarnai gambar merupakan aktivitas yang dapat membantu meningkatkan kinerja otot tangan sekaligus mengembangkan kemampuan motorik anak. Kemampuan tersebut sangat penting dalam perkembangan aktivitasnya kelak, seperti dalam mengetik, mengangkat benda dan aktivitas lainnya dimana dibutuhkan kinerja otot lengan dan tangan dalam prosesnya.

Mewarnai gambar juga dapat melatih konsentrasi dan ketahanan mental terhadap lingkunganya. Aktivitas mewarnai gambar ini melatih konsentrasi anak untuk tetap fokus pada pekerjaan yang dilakukannya meskipun banyak aktivitas lain yang terjadi disekelilingnya. Seorang anak yang sedang menyelesaikan tugas mewarnai akan fokus pada lembar gambar yang sedang diwarnainya, sehingga sekalipun pun di sekelilingnya ribut dengan aktivitas anak-anak lain, ia akan tetap fokus menyelesaikan tugas mewarnainya. Dalam mewarnai, anak juga dilatih konsentrasinya agar tidak melewati garis yang membentuk objek yang diwarnainya. Begitu banyak manfaat yang bisa di ambil dalam kegiatan mewarnai gambar untuk Anak Anda. Namun ada beberapa hal juga yang harus orang tua tau tentang aktifitas mewarnai gambar .

Berikut beberapa Hal yang harus Orang Tua ingat dalam aktifitas mewarnai gambar Anak Anda 

  • Bahwa ketika anak sedang mewarnai biarkan mereka bebas menentukan sendiri warna apa yang diinginkannya. Jangan mendikte anak sehingga membuat mereka merasa tertekan dan kehilangan semangat. Terkadang ada pula anak yang menjadi mogok mewarnai karena mendengar respon negatif dari orangtuanya. Misalnya “warnanya jangan keluar garis dong”, “kertasnya jangan sampai kotor”, “Punya kakak lebih bagus, adik juga dong” atau “jangan berantakan kasih warnanya.”
  • Bila kita lihat pemberian warna anak kurang rapi dan kurang rata, berilah dukungan pada mereka. Hargai hasil karyanya dengan memberikan pujian agar mereka lebih semangat. Kemudian kita berikan contoh padanya bagaimana cara memegang krayon supaya warnanya lebih rata. Atau kita juga dapat mewarnai bersama dengan anak sehingga mereka merasa nyaman dan senang melihat orangtuanya juga mau melakukan kegiatan tersebut. Kita juga dapat memotivasi anak untuk mengulang mewarnai kembali supaya hasilnya lebih baik dan rapi. Bila anak tidak mau, jangan kita paksa.

Demikian tentang Manfaat Mewarnai Gambar dan hal yang harus Orang Tua perhatikan , semoga bermanfaat . Dari sumber  : bimba-aiueo.com

author

Penulis: 

Ngeblog untuk hoby dan mengisi waktua luang.