Donald Trump Jadi Presiden ke 45 Amerika Serikat

Unggul Suara Donald Trump Jadi Presiden ke-45 Amerika Serikat dan Wakilnya Mike Pence sebagai Wakil Presiden ke-48 dalam sejarah Amerika Serikat . Pemilihan umum presiden Amerika Serikat telah dilangsungkan pada hari Selasa, 8 November 2016.  Pemilihan umum presiden Amerika Serikat 2016 adalah untuk yang ke-58 kalinya.

image Donald Trump Presiden ke 45 Amerika Serikat

Donald Trump, Calon dari Partai Republik berhasil mengungguli calon dari Partai Demokrat, Hillary Clinton dalam suara. Dengan demikian Trump akan segera dilantik sebagai presiden Amerika Serikat yang ke-45 pada tanggal 20 Januari 2017 mendatang. Kemudian Pasangannya yaitu Gubernur Indiana,Mike Pence, juga akan dilantik sebagai Wakil Presiden Amerika serikat yang ke-48.

Sejarah Pemilihan umum presiden Amerika Serikat

Pemilihan presiden Amerika Serikat tahun 2016 ini adalah kali kelima dalam sejarah Pilpres Amerika Serikat yang dimana pemenangnya gagal mendominasi suara rakyat (setelah sebelumnya pernah terjadi pada tahun 1824, 1876, 1888, dan 2000).

Pemilik hak suara (rakyat) memilih elektor presiden. Elektor presiden akan menggunakan hak suaranya untuk memilih presiden dan wakil presiden berdasarkan hasil di daerah pemilihannya. Para elektor presiden ini dikenal dengan istilah Electoral College. Batas masa jabatan menurut Amendemen ke-22 Konstitusi Amerika Serikat mencegah presiden petahana,Barack Obama dari Partai Demokrat, terpilih lagi untuk ketiga kalinya.

DONALD TRUMP PRESIDEN AS

Rangkaian pemilihan pendahuluan dan kaukus presiden dilaksanakan pada bulan Februari sampai Juni 2016 di 50 negara bagian, Distrik Columbia, dan wilayah administratif Amerika Serikat lainnya. Proses pencalonan ini merupakan pemilihan tak langsung. Pemilik hak suara memilih delegasi yang akan mewakili mereka di konvensi pencalonan. Para delegasi akan memilih calon presiden dari partainya.

Pebisnis dan juga tokoh televisi Donald Trump menjadi calon presiden dari Partai Republik pada tanggal 19 Juli 2016 setelah mengalahkan Senator A.S. Ted Cruz dari Texas, Gubernur Ohio John Kasich, Senator A.S. Marco Rubio dari Florida dan calon-calon lain pada pemilihan pendahuluan Republik. Mantan Menteri Luar Negeri dan Senator A.S. dari New York Hillary Clinton menjadi calon presiden dari Partai Demokrat pada tanggal 26 Juli 2016 setelah mengalahkan Senator A.S. Bernie Sanders dari Vermont. Clinton digadang-gadang menjadi presiden perempuan pertama Amerika Serikat.

Berbagai calon presiden partai ketiga dan independen juga ikut dalam pemilihan umum ini. Calon Partai Libertarian dna mantan Gubernur New Mexico Gary Johnson memiliki akses surat suara di 50 negara bagian dan Washington D.C. mewakili 538 suara elektoral.  Calon Partai Hijau dan mantan dokter Jill Stein memiliki akses surat suara di 44 negara bagian dan Washington D.C mewakili 480 suara elektoral. Johnson dan Stein (sama-sama menjadi calon presiden dari partainya padapemilu 2012) muncul di jajak pendapat nasional. Sedikitnya 24 calon partai ketiga dan independen terdaftar di surat suara di beberapa negara bagian atau menjadi calon tertulis.

Calon independen dan mantan Kepala Direktur Kebijakan Konferensi Republik Dewan Perwakilan Rakyat Evan McMullin menempati peringkat atas salah satu jajak pendapat di negara bagian Utah. Tidak ada calon partai ketiga atau independen yang mendominasi sebuah negara bagian pada pemilihan presiden tahun 2016 maupun pemilihan presiden apapun sejak tahun 1968.

Pada penghitungan suara terbaru Pilpres AS , tanggal 10 November 2016, pukul  02 : 59 WIB, Donald Trump mendapat  279 dari 538 suara elektoral dan otomatis menjadi presiden terpilih Amerika Serikat, karena untuk menang sebagai Presiden Amerika serikat yang baru dibutuhkan setidaknya 270 suara. 

Fakta Menarik Donald Trump Sebagai Presiden Amerika Serikat Yang Baru 

Di usianya yang ke 70 tahun, Trump menjadi orang tertua pertama yang terpilih menjadi presiden Amerika Serikat setelah Presiden Amerika Serikat terdahulu Ronald Regan yang memenangi pemilu tahun 1980 pada usia 69.

Trump akan menjadi presiden kelima yang lahir di negara bagian New York setelah Martin Van Buren, Millard Fillmore, Theodore Roosevelt, dan Franklin D. Roosevelt. 

Trump Presiden kedua yang lahir di New York City setelah Theodore Roosevelt.

Trump juga akan menjadi presiden keempat yang negara bagian tempat tinggalnya memilih calon lain setelah James K. Polk tahun 1844, Woodrow Wilson tahun 1916, dan Richard Nixontahun 1968. 

Selamat Kepada Donald Trump yang Jadi Presiden ke 45 Amerika Serikat . Sumber Wikipedia.

Beri rating artikel ini!
author

Penulis: 

Memuji diri sendiri adalah bentuk rasa Syukur pada Sang Pencipta.