Kenapa DAcademy Indosiar berhenting Tayang, Ini Jawabanya

maskokoganteng.com - D'Academy atau disingkat DA (Dangdut Academy) adalah acara realitas musik atau ajang pencarian bakat penyanyi dangdut terbesar di Indonesia yang diproduksi oleh Indonesia Entertainmen Produksi  dan bekerja sama dengan Stream Entertainment dan Trinity Optima Production. Dangdut Academy ditayangkan di Indosiar. Bukan hanya itu, acara ini juga berhasil menyebabkan musik dangdut yang sempat seakan mati suri jadi bangkit dan berkembang kembali.


Pemenang ajang pencarian bakat ini juga mendapatkan hadiah duit tunai sebesar 150 juta dan 1 buah mobil, untuk musim ketiga mendapatkan duit tunai sebesar 250 juta. Selain itu, mereka diberi peluang rekaman dan kontrak dengan label Trinity Optima Production untuk membuat karya single atau album, dan juga kontrak management Stream Entertainment.

Dangdut Academy mulai tayang perdana pada Senin, 3 Februari 2014 untuk musim pertamanya, musim keduanya tanggal 8 Februari 2015, dan 24 Januari2016 untuk musim ketiganya. D'Academy juga berhasil jadi nominasi Panasonic Gobel Awards 2015 & Panasonic Gobel Awards 2016 untuk kategori Pencarian Bakat & Reality Show Terbaik. Selain itu, juga jadi nominasi di program penghargaan baru Indonesian Television Awardsuntuk kategori Program Prime Non Drama Terpopuler.

Pembawa Acara Dangdut Academy

gambar Pembawa Acara Dangdut Academy

Pembawa acara pada musim pertama tersedia Rina Nose, Irfan Hakim, dan Ramzi. Mereka menyebabkan Trio D'Terong dan didaulat mengisi acara D'Terong Show, selain itu mereka juga membawa julukan tiap-tiap yaitu Rina Nose Terong Pesek dikarenakan tidak membawa hidung yang benar-benar mancung, Ramzi disebut Terong Burik dikarenakan tidak membawa badan yang benar-benar putih, dan Irfan Hakim diberi julukan Terong Boncel dikarenakan membawa badan yang tidak benar-benar tinggi.

Di musim ke dua pembawa acara ditugaskan kepada Ramzi, Rina Nose, Irfan Hakim, dan dilengkapi dengan Andhika Pratama, tetapi kadang waktu tidak benar satu di antara mereka tersedia yang tidak hadir. Di musim ke dua pula Ramzi, Irfan Hakim dan Andhika Pratama menyebabkan Trio Julit dan didaulat mengisi acara Bintang Pantura. Sedangkan pada musim ketiga untuk pembawa acara tersedia Irfan Hakim, Ramzi, Rina Nose, Andhika Pratama, dan dilengkapi satu ulang yaitu Gilang Dirga, tetapi kecuali tidak benar satu dari mereka tidak datang kebanyakan digantikan oleh Gading Marten, Uus, dan Kartika Putri. Di musim keempat formasi pembawa acara ulang ke musim pertama.

Juri Dangdut Academy
Juri Dangdut Academy

Juri yang dipilih pada musim pertama tersedia Iis Dahlia penyanyi dangdut senior, Beniqno penyanyi dangdut senior sekaligus pemain film televisi, Saipul Jamil penyanyi dangdut baru tetapi namanya mulai tidak asing di telinga masyarakat, tersedia Inul Daratista penyanyi dangdut senior yang namanya dikenal dengan Ratu Ngebor, dan Zaskia Gotikpenyanyi dangdut baru.Namun sejalan berjalannya saat posisi Zaskia Gotik digantikan oleh Rita Sugiarto selaku komposer sekaligus penyanyi dangdut senior Indonesia.

Pada musim kedua, juri yang bertugas tersedia Saipul Jamil, Iis Dahlia, Inul Daratista, Rita Sugiarto, dan Beniqno. Akan tetapi kadang waktu tersedia tidak benar satu juri yang tidak datang dikarenakan tersedia off-air atau tersedia acara mutlak sehingga kudu meninggalkan kursi juri. Untuk mengisi kursi yang kosong, Cici Paramida penyanyi dangdut senior dipilih untuk menggantikannya sehingga kursi juri selalu terisi penuh.

Di musim ketiga posisi pembawa acara dan juri mengalami perubahan, sedang komentator selalu Soimah Pancawatikomentator aksi panggung, Ivan Gunawan mengomentari penampilan para peserta, dan Nassar mengomentari vokal. Posisi juri tersedia Iis Dahlia, Inul Daratista, Saipul Jamil, Rita Sugiarto dan Hetty Koes Endang. 

Pada musim ini Beniqnosudah tidak bertugas lagi, tetapi dia jadi juri tamu. Seiring berjalannya saat Saipul Jamil tidak ulang bertugas sebagai juri dikarenakan terperangkap khasus hukum yang mengharuskan dia muncul dari posisi juri, dan untuk saat yang mengambil alih posisi Saipul Jamil adalah juri-juri tamu layaknya Ratu Dangdut Elvy Sukaesih, penyanyi dangdut senior Cici Paramida dan Erie Suzan, penyanyi dangdut melayu Iyeth Bustami dan sebagian juri yang ditugaskan di D'Academy Asia yaitu Fakhrul Razi, Mas Idayu, dan Rosalina Musa. Pada musim keempat formasi juri ulang ke msuim pertama dan kedua, tetapi posisi Saipul Jamil digantikan Dewi Persik.

Komentator Dangdut Academy
Komentator Dangdut Academy
Pada musim pertama komentator hanya Ivan Gunawan yang mengomentari penampilan busan para peserta. Namun pada musim ke dua dan ketiga komentator yang ditugaskan adalah Ivan Gunawan selalu jadi komentator penamilan, Soimah Pancawati untuk mengomentari aksi panggung para peserta, dan Nassar yang mengomentari olah vokal peserta sesekalinya dia juga didaulat jadi pelatih vokal pada musim kedua. 

Dimusim ketiga hingga saat ini, mereka menyebabkan grup yang disebut Keluarga Gunarso yang merupakan singkatan dari nama masing-masing. Namun kecuali di antara mereka tersedia yang tidak datang dikarenakan berhalangan, Samuel Watimena perancang busana Indonesia yang mengambil alih posisi Ivan Gunawan. Posisi Soimah digantikan oleh Denada, Elvy Sukaesih, Dewi Gita, Syahrini, dan sebagian artis lainya.

Jebolan Dangdut Academy 

Jebolan Dangdut Academy
Dari Dangdut Academy lahir penyanyi-penyanyi dangdut berbakat seperti 
  • Lesti Andryani
  • Nur Aty
  • Edfrans Angga
  • Subro Al-Farizhi
  • Ikif Khawazima
  • Dedy Suwandi
  • Evi Anggraini
  • Danang Pradana Dieva
  • Irwan Krisdiyanto
  • Reza Zakarya Mahdami
  • Ika Sugiyarti
  • RizkiRidho
  • Muhammad Irsyad Basir
  • Weni Wahyuni
  • Alfin Habib & Alfin Ladeli
  • Muhammad Rafly Heriawan
  • Anggun Merdekawati
  • Annisa Farella
Ajang pencarian bakat Dangdut Academy(DAcademy) sejatinya juga sempat membawa Nama Indosiar ke posisi puncak persaingan televisi swasta di Tanah Air.

Namun, Kenapa Dacademy Indosiar harus berhenting Tayang..? Ini Jawabanya.
Di kutip dari halaman tabloidbintang.com. Direktur Program SCM Harsiwi Achmad, mengatakan bahwa kontes dangdut yang digemari pemirsa Indosiar itu untuk saat ini tidak dilanjutkan.
"Jadi kita bakal memberi yang lebih luas. Kami ingin yang lebih besar untuk Indonesia, yaitu Liga Dangdut Indonesia," ucap Harsiwi Achmad.
Harsiwi juga menambahkan,
DAcademy berhenti bukan dikarenakan rating anjlok atau tidak sebagus di awal penayangannya. Harsiwi hanya ingin fokus pada sebuah ajang yang lebih luas dengan rencana lebih menarik.
Sedikit bocoran mengenai acara yang tak lama lagi bakal digelar menggantikan tayangan Dacademy Indosiar tersebut akan lebih menarik, dimana para penyanyi dangdut bakal diadu antar provinsi. Ada persaingan yang setelah itu dapat jadi duta dangdut di tiap tiap daerah. Jadi Dacademy Indosiar  akan di ganti dengan acara Liga Dangdut Indonesia.
"Kalau D'Academy kan persaingan antar penyanyi dangdut. Kalau Liga Dangdut Indonesia, penyanyi dangdut antar provinsi di Indonesia. Akan tersedia dan dibikin persaingan duta-duta Dangdut dari provinsi  se indonesia. Mereka nantinya bisa jadi duta kebudayaan kesenian dari provinsi tersebut," imbuhnya.
Mengusung tagline Seni Menyatukan, acara Liga Dangdut Indonesia ini siap menghimpun Indonesia melalui musik dangdut.

"Dangdut telah benar-benar mengakar di Indonesia. Tagline kami, Seni Menyatukan. Dengan seni dapat bersatu masyarakat Indonesia," ucapnya.

"Tanggapan semua provinsi indonesia telah benar-benar positif. Mudah-mudahan dangdut dapat tetap berkibar, jadi musik Indonesia yang benar-benar merakyat dan menyeluruh. Semoga juga dapat go internasional," tukas Harsiwi Achmad. Demikian jawaban Kenapa Dacademy Indosiar berhenting Tayang. Semoga bermanfaat . Source bintang.com

 
Back To Top