Suasana Sekitar Ka'bah 63 Tahun lalu

maskokoganteng.com - Kakbah bahasa Arab: الكعبة al-Kaʿbah  adalah sebuah bangunan di tengah - tengah masjid paling suci dalam agama Islam, Masjidil Haram, di Mekkah, Hejaz, Arab Saudi. Bangunan suci sekitar Kakbah dikenal sebagai Masjid al-Haram (masjid suci). Salah satu dari Rukun Islam mewajibkan bagi setiap Muslim yang mampu untuk menunaikan ibadah haji satu kali seumur hidup.

Bagian-bagian ritual haji yang mengharuskan tawaf, berputar tujuh kali mengelilingi Kakbah dengan melawan arah jarum jam. Tawaf juga dilakukam oleh jamaah saat melaksanakan umrah (haji kecil). Namun, kebanyakan waktu ramai di Kakbah adalah saat musim haji.

Taukah Anda bagaimana suasana sekitar Ka'bah 63 Tahun Silam. Dikutip dari halaman ihmram.co.id berikut adalah foto suasana Ka'bah 63 Tahun yang lalu.

gambar Suasana Sekitar Ka'bah 63 Tahunyang lalu
Foto Al Arabia
Gambar foto diatas adalah area sekitar Ka'bah pada 63 tahun yang lalu atau sekitar tahun 1954an. Dalam gambar foto kakbah kuno ternyata dulu area dalam Masjidl Haram bentuk persegi panjang.Di foto tersebut terlihat jelas area mataf atau area yang menjadi tempat umat Islam mengelilingi Ka'bah.

Di situ ternyata dahulu ada sebuah pagar yang berada di area masjid dari arah pintu Bani Shaibah.
Peneliti Masjid Nabawi dan Masjidil Haram, Mohieddine Hashemi menjelaskan bahwa payung yang dipasang di atas serambi Ottoman itu dibuat atas perintah Raja Abdul-Aziz. Tujuannya untuk melindungi jamaah dari sengatan terik matahari.

Duhulu rupanya di area sekitar Ka'bah terdapat  empat bangunan di antara Maqam Ibrahim AS dan bangunan sumur air Zam Zam. Dan dari gambar ini juga menjelaskan bila di masa lalu area tawaf terbagi menjadi dua area, yaitu area ‘tawaf lama’,  yakni berada di dalam pagar yang berlantai batu dan arena di luar pagar yang berantai pasir yang ditaburi bebatuan.

Hasemi mengatakan keempat bangunan itu juga sempat dianggap melambangkan empat Mazhab “Shafi’I, Hanbali, Maliki, dan Hanafi". Namun atas perintah Raja Avdul Aziz bangunan itu kemudian di ratakan. Perlu diketahui, bahwa dokumen pertama yang merekam suasana Masjidil Haram itu diambil pada tahun 1880. Jadi sudah ada sejak 139 yang lalu . Demikian semoga menambah wawsasan.

 
Back To Top