Video Piala Dunia 1938 Timnas Indonesia (Hindia Belanda)

maskokoganteng.com - Video jadul Timnas Indonesia (Hindia Belanda) Piala Dunia 1938 . Tim sepak bola Hindia Belanda (Timnas Indonesia) adalah tim sepak bola yang mewakili Hindia Belanda yang merupakan koloni Belanda. Tim nasional ini ikut dalam kompetisi internasional yaitu Piala Dunia 1938 - 1947. Hindia Belanda pada tahun 1938 menjadi tim Asia pertama yang lolos ke Piala Dunia. Timnas Indonesia bermain hanya satu pertandingan, dan harus mengakui Hongaria dengan skor telak  6-0 atas.

gambar Video Piala Dunia 1938  Timnas Indonesia (Hindia Belanda)

Video Piala Dunia 1938  Timnas Indonesia (Hindia Belanda)  

Sejarah mencatat bahwa 5 Juni 1938, Timnas Indonesia (Hindia Belanda) melawan Hongaria di Piala Dunia 1938. Sesaat sebelum pertandingan dimulai, Tan Mo Heng dan rekan-rekan seperti biasa berbaris di tengah lapangan untuk melakukan kick off.

Pertandingan Timnas Indonesia vs Hungaria Piala Dunia 1938 tersebut disaksikan oleh 10.000 penonton di Velodrome Municipal, Reims Paris Perancis. Para wartawan dari 27 negarapun hadir di sana.
Sejarah juga mencatat Piala Dunia 1938 adalah  kali pertama wakil Asia melaju ke Piala Dunia. 
Dan Fifa juga mencatat bahwa Timnas Indonesia (Hindia Belanda ) adalah Tim Asia pertama di Piala Dunia.

Seperti orang Eropa pada umumnya Hongaria tampak sudah menang secara fisik. Tubuh mereka lebih tinggi, dan besar – besar beda dengan tubuh orang indonesia yang berpostur kecil dan tidak besar. Dalam soal fisik tersebut ada komentar dari Walikota Reims. "Saya seperti melihat 11 atlet Hongaria dikerubungi oleh 11 kurcaci", ujarnya.

Meski strategi Timnas Indonesia tidak  bisa dibilang buruk, namun Tim ini tak mampu berbuat banyak. Di menit ke-13 gawang Timnas Indonesia yang dijaga Mo Heng bergetar oleh tembakan penyerang Hongaria Vilmos Kohut.

Hujan gol pun berlangsung menghujani gawang Timnas di menit ke-15, 28, dan 35. Babak pertama pertandingan Indonesia vs HUngaria berakhir dengan kedudukan 4-0. Nasib Tim Indonesiapun ahirnya tamat pada babak kedua, dengan skor akhir 0-6. Pada saat itu Piala Dunia memakai sistem knock-out. Yang kalah kontan tersingkir jadi Tim ini hanya bermain sekali di Piala Dunia 1938.

"Indonesia-Hongarije 0-6, Kalah Sasoedahnja Kasi Perlawanan Gagah". Tulis Headline berita surat kabar Sin Po edisi 7 Juni 1938 , Saya memang belum ada kala itu, tapi Saya bisa merasakan bagaimana heroiknya Timnas Indonesia kala itu.
"Indonesia-Hongarije 0-6, Kalah Sasoedahnja Kasi Perlawanan Gagah".
Tonton Video Timnas Indonesia (Hindia Belanda) vs Hungaria Piala Dunia 1938

Para Pemain Timnas Indonesia (Hindia Belanda) di Piala Dunia 1938

Daftar Pemain Timnas Indonesia Piala Dunia 1938  :
  • Tan Mo Heng (kiper)
  • Herman Zommers
  • Franz Meeng
  • Isaac Pattiwael
  • Frans Pede Hukom
  • Hans Taihattu
  • Pan Hong Tjien
  • Jack Sammuels
  • Suwarte Soedermandji
  • Anwar Sutan
  • Achmad Nawir (kapten)
Pelatih:
  • Johannes Mastenbroek
Demikian semoga Video jadul Timnas Indonesia (Hindia Belanda) Piala Dunia 1938. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih Silahkan share jika bermanfaat.

 
Back To Top