Ngulik penghasilan situs Bukalapak, Tokopedia, OLX

maskokoganteng.com - Ngulik penghasilan situs Bukalapak, Tokopedia, OLX . Bukalapak, Tokopedia, OLX   adalah merupakan situs-situs marketplace (pasar online) dimana Mereka umumnya menjual barang -barang milik orang lain, yang artinya Mereka tidak menjual produknya  sendiri.

gambar bukalapak

Di BUKALAPAK,  TOKOPEDIA umumnya menyediakan sarana untuk berjualan online layaknya lapak. Semua pedagang bisa berjualan di sana dengan  gratis tanpa dipungut biaya. Namun berbeda dengan Lazada, Mataharimall, Zalora, atau Elevenia yang merupakan toko online produk  sendiri. Mereka umumnya  menjual produk – produk  sendiri, atau  Mereka menjual produk orang lain dengan transaksi lewat mereka dan berbeda dengan sistim BUKALAPAK dan juga Tokopedia.

Lalu dari mana Bukalapak, Tokopedia, OLX, dan toko – toko online sejenis mendapatkan penghasilan?

Karena Secara kasat mata  Mereka tidak menjual produk sendiri?
Begini Penjelasannya diambil dari keterangan pendiri Bukalapak, Achmad Zaky, yang dikutip dari techno.id. menyebutkan bahwa  bukaLapak memberikan 100 persen uang hasil transaksi pada seller dan tidak memungut biaya lainya.

Nah Lalu, dari mana dan bagaimana BukaLapak.com mendapat penghasilan?

Kurang lebihnya pendapatan BukaLapak didapatkan dari seller-seller yang sudah sukses," terang Zaky. Mereka inilah yang rela mengeluarkan uangnya lebih dalam untuk mendapatkan fitur-fitur premium di BukaLapak.com, semisalnya promote to top atau  slot iklan khusus sehingga lebih mudah dilihat pengunjung.

Fitur premium Push bukalapak memungkinkan para penjual mempromosikan barang agar berada di posisi pertama di halaman daftar barang bukalapak. Dan untuk menggunakan fitur tersebut si penjual harus membayar dengan saldo BukaDompet.

Nah sekarang sudah Jelas kan bagaimana Bukalapak mendapatkan penghasilan , yaitu dari hasil penjualan fitur premium yang merupakan  sumber penghasilan Bukalapak, juga sumber pendapatan situs-situs marketplace lainya semacam Tokopedia, dll.

Khusus untuk  OLX ada lagi sumber penghasilan lain selain dari penjualan fitur premium, yaitu dari Google Adsense. Bisa Kita lihat jika Anda pernah masuk kesitus OLX yang dulunya bernama toko bagus. Di bukalapak kita tidak akan menemukan iklan Google. Sedangkan di OLX Kita akan menemukanya.

Untuk Penghasilan Tokopedia dapat dilihat di salah satu postingan blog tokopedia. Di sana ada penjelasan mengenai pendapatan situs yang satu ini yaitu dari sumber dana yang berasal dari softbank dan goldmercant (iklan khusus), serta  memperkenalkan fitur TopAds untuk merchant-merchant yang ingin mendapatkan exposure tambahan..

Kesimpulannya, ketiga toko online yang menyediakan tempat promosi gratis bagi para pebisnis online ini. Bukalapak, Tokopedia, OLX mendapatkan penghasilan (return) sebagai berkah memberi (give).

gambar Dave Thomas yang merupakan pendiri Wendy's

Mereka membantu orang lain berjualan online dan degan memberi itulah mereka mendapatkan penghasilan. Seperti yang dikatakan oleh Dave Thomas yang merupakan pendiri Wendy's  "The More You Give The More You Get In Return!"

Model bisnis online Bukalapak, Tokopedia, OLX, dan lainnya, sebenarnya pada intinya Mereka banyak memberi gratis, namun akan tetapi Mereka juga menyediakan atau menjual fitur premium dan di situlah berlaku hukum The More You Give The More You Get In Return. Terimakasih telah membaca artikel Ngulik penghasilan situs Bukalapak, Tokopedia, OLX semoga bermanfaat.

 
Back To Top